Ferivikasi KLA 2019




Rabu, 1 mei 2019 telah dilaksanakan Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak Anak (VL KLA) Tahun 2019 di Kabupaten Lampung Tengah. Tim VL merupakan tim independen dari Kementrian PPPA RI untuk melakukan verifikasi terkait dengan penilaian mandiri yang telah dilakukan kabupaten/kota seluruh Indonesia termasuk Lampung Tengah yang telah ditutup pada tgl 5 april 2019 lalu. VL KLA untuk melihat sejauh mana Kabupaten Lampung Tengah untuk mendapat nominasi sebagai Kabupaten Lampung Tengah yang akan di berikan oleh bapak Presiden RI bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional.

Adapun Penilaian yang dilakukan yaitu apakah di Lampung Tengah telah memenuhi 24 indikator yg masuk dalam 5 kluster pemenuhan hak anak diantaranya yaitu :
1. Hak Sipil dan kebebasan
2. Lingkungan Keluarga dan pengasuhan Alternatif
3. Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan
4. Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya
5. Perlindungan Khusus.

VL dilakukan di puskesmas, sekolah, kelurahan, kecamatan, LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak), dan Paud. Yang ditutup dengan makan malam bersama Bapak Bupati Lampung Tengah dan jajarannya, Ibu Kepala Dinas PPPA Provinsi Lampung dan jajarannya, Tim VL KLA, Forum Anak Kabupaten Lampung Tengah dan LPA. Yang dihadiri juga oleh teman-teman media.

Dalam sambutannya bapak Bupati Lampung Tengah berkomitmen untuk mendukung Kabupaten Lampung Tengah Layak Anak. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Lampung Tengah yang juga merupakan Bunda Paud Kabupaten Lampung Tengah yang dalam kegiatan nya di lapangan pun sudah mendukung pemenuhan hak anak dalam 5 kluster salah satu nya yaitu dengan membagikan kartu identitas anak (KIA), menggerakkan pembuatan taman baca di setiap kampung dan kelurahan serta mengadakan story telling dan mendongen untuk meningkatkan minat budaya baca anak.

#kla2019
#lampungtengahlayakanak
#dpppalamteng
#kablamteng
#stopkekerasanperempuan
#stopkekerasananak


Share :